Peduli Terhadap Pasien, Alumni Farmasi Gagas Apothecare

  • Post author:
  • Post category:Uncategorized
  • Post comments:0 Comments

Oleh : Mukti Priastomo

MENJADI tenaga kesehatan haruslah pula diimbangi dengan rasa kemanusiaan. Rasa ingin selalu menolong dan memberikan bantuan kepada yang membutuhkan, khususnya bidang kesehatan. Apalagi jika dihadapkan pada situasi pasien yang mengalami kesulitan secara ekonomi dan pasien tersebut membutuhkan perhatian dalam pemulihan penyakitnya. Hal inilah yang kemudian mendorong Herman Effendi, alumni Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman Angkatan 2008 untuk menggagas adanya Apothecare.

Kegiatan Apothecare yang dilakukan oleh Herman, sapaan akrab pria usai 30 tahun tersebut merupakan salah satu kombinasi antara kegiatan berbagi dan penerapan profesi apoteker yaitu homecare. Dimana salah satu indicator pelaksanaannya adalah pelayanan terhadap pasien kronis yang mengkonsumsi obat dalam jangka waktu lama. Herman menjelaskan bahwa untuk melaksanakan kegiatan tersebut, ia harus berkunjung langsung ke rumah pasien.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat kondisi pasien, melihat ketersediaan obat, melihat kepatuhan pasien dalam mengkonsumsi obat serta memberikan bantuan langsung seperti bantuan sembako ataupun dana kepada pasien. Hal inilah yang membedakan pelaksanaan homecare yang dilakukan oleh Herman.

“Tidak semua pasien yang saya datangi merupakan pasien tidak mampu. Ada juga pasien dengan ekonomi yang baik saya kunjungi juga. Selama pasien tersebut menderita penyakit kronis dan mengkonsumsi obat secara rutin dan perlu perhatian, maka saya akan datang. Hanya memang kebanyakan pasien yang saya kunjungi adalah yang tidak mampu”, papar Herman melalui komunikasi jarak jauh.

Herman yang merupakan Apoteker ASN Rumah Sakit Daerah di Bontang ini juga turut mengajak rekan rekan seprofesi dan sejawat kesehatan lain, serta masyarakat luas untuk bisa sama-sama memberikan perhatian kepada masyarakat khususnya mereka yang menderita penyakit kronis. Mayoritas pasien yang mendapatkan kunjungan oleh Herman ialah penderita stroke, yang dirawat di rumah. Melalui laman Youtubenya, Herman memperlihatkan bagaimana proses ApotheCare berlangsung. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui kegiatan ApotheCare dapat mengunjungi laman berikut ini :

https://www.youtube.com/channel/UCh7MmrWm1rRqDgeBc_e2Jqw

(Hum/FF/MP)

Leave a Reply