Peduli Terhadap Sesama, Alumni Fakultas Farmasi Buka Posko Nasi Gratis

  • Post author:
  • Post category:Uncategorized
  • Post comments:0 Comments

PANDEMI penyakit Covid-19 di hamper seluruh dunia, tidak saja menyebabkan terjadinya gangguan system kesehatan dunia, namun juga gangguan social masyarakat. Pemerintah melalui satuan petugas (Satgas) Covid-19 memberikan himbauan kepada masyarakat agar melakukan social distancing atau pemberian jarak antar individu manusia. Hal ini bertujuan untuk memutus rantai penyebaran virus SARS n-Cov-2.

Namun demikian, penerapan kebijakan tersebut turut memberi dampak terhadap ekonomi masyarakat. Sehingga pendapatan menurun dan kemampuan untuk membeli rendah. Hal ini banyak dirasakan oleh pekerja harian yang mengandalkan pendapatan dari pekerjaan harian seperti ojek pengkolan, ojek online, pemulung, dan kelompok pekerja lain.

Menyikapi hal tersebut, salah satu alumni Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman, James Marshello bersama rekan rekannya berinisiatif untuk membentuk komunitas peduli sesama. Mereka membuka posko gerakan nasi gratis. Siapapun boleh mengisi, siapapun boleh mengambil.

Posko ini dibentuk sejak 31 Maret 2020 lalu. Hingga saat ini telah terdapat 5 titik yang tersebar di Jalan Jakarta, Jalan Pesut, Jalan DI Panjaitan, Jalan Sentosa, Jalan Merbabu. Dan nantinya akan bertambah 2 titik lagi di Jalan APT Pranoto dan Jalan Belibis. Penambahan ini seiring dengan meningkatnya kepedulian masyarakat Kota Samarinda.

James, dalam sebuah wawancara di Kompas TV Kalimantan Timur menyebutkan bahwa gerakannya ini terbuka untuk siapapun. Ia melanjutkan bahwa donator dapat member bantuan tidak hanya berupa nasi, namun juga dalam bentuk dana atau minuman dalam kemasan.

“Saat awal membuka posko, nasi yang terkumpul sebanyak 50 bungkus. Alhamdulillah untuk saat ini, per harinya bisa terkumpul 100 bungkus di setiap titik. Kami juga merencanakan akan membagikan 1000 nasi bungkus pada hari Jumat. Tentu harapannya agar menjadi berkah bagi semua, khususnya donator yang mendonasikan sebagian hartanya,” jelas pria lulusan Sarjana Farmasi tersebut.

Semoga apa yang telah diupayakan oleh Alumni Fakultas Farmasi Unmul ini, bisa membantu meringankan beban masyarakat akibat adanya pandemic Covid-19. Dan seluruh donatur mendapatkan balasan kebaikan atas niat baik yang telah dilaksanakannya. (Hum/FF/MP)

Leave a Reply